Tuesday, April 1, 2014

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Apa manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan apa saja yang terkandung di dalamnya?

Berbagaimacam istilah dalam penyebutan kunyit putih. Orang Jawa menyebutnya Kunir Putih, Temu Poh, Temu Bayangan, Orang Madura menyebutnya Temu Paoh, Orang Sunda menyebutnya Koneng Joho, Koneng Pare, Koneng Lalap Sementara dalam bahasa melayu disebut Kunyit Putih atau Temu Mangga. Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan yang hidup di semak-semak, bagian rimpang kunyit putih biasa digunakan sebagai bumbu masak, pewarna alami bahkan pengobatan  dengan khasiat  dan yang sudah terbukti kedasyatannya dalam melawan berbagai macam jenis penyakit.

Nama lain kunyit putih adalah Curcuma Alba, mempunyai klasifikasi dari jenis Kaemferia Rotundus, Bangsa Zingiberales, Suku Zingiberaceae, dan marga Kaemferia.
Ciri-ciri fisik yang terdapat pada kunyit putih mempunyai bintik umbi yang serupa dengan tanaman jahe berwarna krem agak kuning muda. Bau khas kunyit putih segar hampir mirip dengan aroma mangga kwueni, jadi inilah yang membedakan dengan tanaman serupa dari marga sejenis kaemferia.

Kandungan kunyit putih.

Kandungan kunyit putih sangat beragam  makanya tidak heran jika jenis tanaman ini mampu berfungsi sebagai penyembuh dalam pengobatan berbagai penyakit. Diantara zat-zat yang dimiliki kunyit putih ini bermanfaat untuk kecantikan, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengobati sakit mag dan nyeri lambung.

Macam-macam zat yang terkandung di dalam kunyit putih, antara lain :
   1. RIP atau Riboisme In activating Protein adalah protein toksis dan kurkumin yang berguna  untuk meng-
       hambat perkembangan sel kanker.
   2. Minyak astiri adalah minyak yang berfungsi untuk meredakan gangguan pencernaan.
   3. Saponin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menetralkan racun di dalam tubuh.
   4. Polifenol yang merupakan anti oksidan yang berguna untuk mencegah radikall bebas.
   5. Kandungan lainnya yaitu amilum, tianin, gula, protein toksis, damar, flavonoid.

Setelah kita mengetahui kandungan zat-zat yang terkandung di dalamnya, kita juga akan tahu manfaat kunyit putih dalam hal pengobatan dan penyembuhan penyakit. Tidak cukup hanya itu, bahkan juga bisa bermanfaat untuk kecantikan wanita. Bicara tentang khasiat  kunyit putih memang tidak perlu diragukan lagi, sejak ratusan tahun silam sudah dipergunakan untuk tanaman obat dalam penyembuahan berbagai macam penyakit oleh nenek moyang kita. Meskipun saat itu belum adanya semacam penelitian secara ilmiah seperti sekarang, namun orang-orang terdahulu sudah membuktikan secara turuntemurun tentang dahsyatnya kegunaan kunyit putih ini.

Fungsi kunyit putih memang luar biasa dari hasil penelitian menunjukkan kunyit putih bersifat antineoplastik atau merusak pembentukan ribosom pada sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kanker. bagian yang dimanfaatkan dalam pengobatan adalah rimpang dan daunnya. Sementara zat anti oksidan pada kunyit putih berfungsi mencegah kerusakan Asam Deoksiribo Nukleat yang merupakan salah satu senyawa yang menyusun Gen, serta dapat menahan zat radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker serta dapat meningkatkan sel darah merah.

Kunyit putih atau kunir putih juga berkhasiat :

- Antipiretik (penurun panas).
- Anti toksin (menangkal racun)
- Laksatif (pencahar)
- Mengobati sakit perut dan nyeri lambung (sakit maag)
- Mengecilkan rahim sesudah persalinan
- Menyempitkan organ kewanitaan
- Mengurangi penumpukan lemak di perut
- Menambah nafsu makan dewasa dan anak-anak
- Menguatkan syahwat
- Gatal-gatal (pruiritis)
- Mengobati sesak nafas
- Radang saluran nafas (bronkhitis)
- Mengobati demam
- Mengobati perut kembung dan masuk angin
- Menghentikan pendarahan
- Mengobati bengkak karena memar
- Mengobati bisul yang sulit pecah
- Dll.

Manfaat lain kunyit putih yang diambil dari induk rompangnya dapat digunakan sebagai bedak untuk kecantikan setelah melalui proses pengeringan.
Dalam blog ini, saya akan bahas tentang manfaat kunyit putih untuk kesehatan lambung.

No comments:

Post a Comment