Friday, February 5, 2016

Manfaat Purwaceng

Tanaman purwaceng semua bagian daun, batang dan akar sangatlah bermanfaat.
Purwaceng merupakan tumbuhan berkhasiat seperti gingseng dan memiliki rasa khas yaitu pedas. 
Tanaman dengan nama ilmiah Pimpinella Pruatjan tergolong tanaman langka di Dieng. 
Untuk pembudidayaan tanaman purwaceng ini juga tergolong sangatlah sulit dan waktu pembudidayaannya terbilang lama tidak seperti kentang yang hanya 3 bulan.
Akar purwaceng  berbentuk seperti gingseng


Hasil gambar untuk purwaceng
Tanaman Purwaceng
Hasil gambar untuk akar purwaceng
Gambar Akar Purwaceng













Jika Korea memiliki ginseng yang terkenal akan khasiatnya, masyarakat Dataran Tinggi Dieng pun punya tanaman herbal yang tak kalah khasiatnya. Tanaman ini bernama purwaceng.
Berbeda dengan ginseng yang hanya diambil bagian akarnya, purwaceng dimanfaatkan seluruh bagiannya. Setelah memasuki usia panen  biasanya saat berusia sekitar 1 tahun, tanaman purwaceng akan dicabut. Setelah dibersihkan dari tanah-tanah yang menempel, tanaman ini kemudian dikeringkan di oven untuk kemudian dihaluskan dan dikemas sesuai jenis produk yang diinginkan.

Apa khasiat dari akar purwaceng.? . 
Melalui berbagai penelitian, tanaman ini memiliki berbagai manfaat, seperti menghangatkan tubuh, , untuk meningkatkan stamina atau sebagai jamu untuk meningkatkan  kemampuan seksual pria, makanya sering disebut-sebut sebagai viagranya Indonesia. Tidak hanya identik untuk meningkatkan stamina saja, purwaceng juga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh, menghangatkan tubuh, saraf, dan otot, menghilangkan masuk angin dan pegal linu, melancarkan buang air kecil, menghilangkan rasa sakit, menurunkan panas, obat cacing, anti-bakteri, serta mencegah kanker.

Satu yang membuat tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di Dataran Tinggi Dieng adalah kondisi tanah di sini. Tanah di Dataran Tinggi Dieng memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Karenanya, tumbuhan yang ditanam di sini dapat tumbuh dengan maksimal..


No comments:

Post a Comment