Sunday, February 7, 2016

Manfaat Pasak Bumi Untuk Kesehatan

Pasak bumi memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, terutama untuk meningkatkan gairah dan vitalitas pada pria. Pasak bumi telah dikenal sebagai tanaman yang kerap digunakan sebagai obat kuat kaum adam. Khasiat pasak bumi ini telah terbukti dan dirasakan sejak dulu sampai sekarang ini.

Di Indonesia, pasak bumi atau yang dikenal dengan nama latin Eurycoma Longifolia, tumbuhan subur dipedalaman kalimantan yang juga telah dikenal dan digunakan oleh masyarakat Dayak sebagai tanaman yang memiliki beragam khasiat.

Pasak bumu mengandung ekstrak yang disebut dengan Ethanolik yang sangat berperan dalam menambah jumlah hormon testoteron pada pria. Tanaman Pasak bumi juga mengandung Strichnin dan bursin yang sangat berkhasiat untuk menambah vitalitas pria karena memiliki sifat Afrodisiak

Menurut hasil peenelitian, tumbuhan Afrodisiak mengandung senyawa turunan alkoloid, saponin, tanin, dan lainnya yang berperan dalam melancarkan peredaran darah. Hal tersebut kemudian berimplikasi pada peningkatan sirkulasi darah didaerah alat kelamin pria. Masih banyak khasiat lainnya yang dimiliki oleh pasak bumi seperti untuk mengobati penyakit malaria

Akar Pasak Bumi  menggandung senyawa yang disebut dengan Erikuimanon yang disinyalir mampu menngobati penyakit malaria. Demikian juga dengana kandungan senyawa yang disebut Kuasinoid yang sangat berperan dalam melumpuhkan plasmodium Falcifarum yakni bakteri yang menjadi penyebab penyakit malaria itu sendiri.

Selain itu, Pasak Bumi  juga digunakan untuk mencegah terjadinya serangan kanker. Kandungan senyawa alkoloid dankuasinoid-nya bisa menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker. 

Hal tersebut pernah diuji dengan penelitian di Malasia yang menyatakan bahwa ada setidaknya 8 alkoloid yang ditemukan dalam akar pasak bumi, salah satunya ialah alkoloid yang berfungsi sebagai anti kanker payudara.

Sedangkan menurut penelitian lainnya,diantaranua yang pernah dilakukan oleh Universitas Tokyo Jepang, Pasak bumi juga ditemukan memiliki khasiat anti leukemia  dan jugaa meningkatkan kekebalan tubuh bagi penderita HIV.

Pasak Bumi merupakan salah satu tumbuhan obat yang tumbuhnya di hutan-hutan, termasuk di hutan Indonesia. Didalamnya terkandung setidaknya empat senyawa yang mengandung banyak khasiat yakni sebagai berikut :

  • Senyawa Canthin yang berfungsi dalam menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.
  • Senyawa turunan Euryomanone yang berfungsi sebgai anti malaria.
  • Senyawa Etanol yang berfungsi sbagai Afrodisiak.
  • Senyawa Quasinoid yang sangat ampuh sebagai anti leukimia dan prospektif untuk penderita penyakit HIV.
Pada dasarnya, Pasak Bumi memiliki khasiat dihampir seluruh bagian tubuhnya.

Daun Pasak Bumi
Daun pasak bumi yang masih muda bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut.

Akar Tumbuhan
Kulit akar pasak bumi  sangat ampuh untuk mengobati demam, penyembuhan di gusi atau gangguan cacinng serta tonikum pasca melahirkan.

Kulit Batang
Kulit batang pask bumi banyak dimanfaatkan untuk koaagaulan pasca seorang ibu melahirkan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengobati nyeri pada tulang.

Bunga Dan Buah Pasak Bumi
Bagian bunga dan buah pasak bumi bisa digunakan untuk mengobati penyakit disentri.

Pasak Bumi ini penyebaranny terdapat di Sumatra dan Kalimantan (Indonesia), Semenanjung Malasia, dan lainnya. Dengan begitu banyak khasiat yang dimiliki o;eh pasak bumi ini maka bila ada yang memiliki  bebrapa keluhan penyakit di atas atau ingin meningkatkan Vitalitas (bagi pria) bisa menjadikan pasak bumi sebagai alternatif pengobatan yang mujarab.



No comments:

Post a Comment